ALAT-ALAT BERAT

BAB SATU

SURVEY KEADAAN LAPANGAN

Didalam memulai suatu pekerjaan dengan mempergunakan peralatan berat dengan tujuan menghasilkan kwantitas yang tinggi akan tetapi dapat menggunakan anggaran yang lebih rendah.

Pekerjaan pendahuluan sebelum pelaksanaan dimulai adalah survey. Survey adalah untuk mendapatkan perencanaan yang tepat, maka survey semua pendataan harus lengkap. Jika survey tidak berjalan dengan baik maka didalam pelaksanaan pekerjaan akan mengakibatkan timbul bermacam-macam masalah yang nantinya akan menjurus kepada kerugian yang artinya salah dalam perencanaan.

Untuk mendapatkan kwantitas dan kwalitas yang maksimal dari hasil pemeriksaan lapangan maka diperlukan urutan kegiatan pelaksanaan pekerjaan sebagai berikut

I.1.KONDISI LAPANGAN.

1. Kondisi lapangan atau keadaan yang menpengaruhi pekerjaan sangat berpengaruh sekali sehingga nantinya akan memperlambat jalan pekerjaan mulai dari pembebasan lahan, land clearring, striping sampai berapa jarak dari pemukiman penduduk.

Ada beberapa hal yang diperlukan untuk melihat kondisi lapang

an adalah :

1.Kerapatan dari jumlah dan jarak tanaman yang terdapat didalam areal. Seperti besar pohon, jumlah pohon, kerapatan pohon, kekerasan kayu dari pohon, jenis pohon atau bangunan dan lainnya. Dari yang terdapat diatas tanah yang akan dikerjakan maka dapat diketahui cepat atau lambat seperti pekerjaan land clearing, striping, dan cut & fill. Land Clearing adalah pembersihan lahan dari tanaman, pohonan dan bangunan.

Gambar : Exavator sedang Land Clearing

Striping adalah pekerjaan pembuangan/pengupasan tanah dari tanah humus ( Top Soil ) atau kotoran yang ada pada permukaan tanah bagian atas.

Gambar : Striping dengan Exavator.

Cut and Fill adalah pekerjaan memotong tanah atau menurunkan elevasi permukaan tanah sesuai dengan yang direncanakan.

2. Mengetahui keadaan tanah, seperti kekerasan tanah, keadaan lapisan tanah, jenis tanah dan lain-lain.

3. Mengetahui keadaan curah hujan, curah hujan dalam pekerjaan tanah sangat besar pengaruhnya jika dibandingkan bekerja pada musim kering ( musim kemarau ).

4. Mengetahui keadaan topografi di lapangan, topografi lapangan adalah apakah kondisi lapangan datar atau bergelombang. Jika kondisi lapangan datar sehingga mempercepat proses pematangan tanah baik untuk pekerjaan bangunan ataupun pertanian/perkebunan.

5. Mengetahui jumlah dari volume pekerjaan. Salah satu cepat atau lambat selesainya pekerjaan adalah banyaknya volume yang akan dikerjakan.

Gambar : Kondisi tanah bergelombang sehingga perlu pekerjaan cut and fill.

0 komentar: